Persiapan Mantapkan Hati Kuliah Jurusan Informasi

Sudah sangat terlalu yakin untuk masuk Jurusan Sistem Informas, calon mahasiswa perlu gambaran yang lebih detail tentang perkuliahan yang akan di hadapi. 


Pasalnya, Memang sangat wajar bila Siswa yang baru lulus SMA akan menghadapi gerbang pertama menempuh masa depan dengan lebih banyak pilihan di depan mata, merasakan optimisme, Semangat yang menggebu, Kegalauan dan kegamangan untuk menentukan langkah. 


Ketika sudah yakin Jurusan Sistem Informasi adalah jurusan yang dirasakan paling tepat. Tentu dengan banyak pertimbangan dari pengalaman, kesukaan dan informasi yang cukup tentang bidang ini. Yaitu hal yang terpenting adalah tahu Profesi apa yang disiapkan oleh jurusan ini dan tahu posisinya dalam perusahaan kelak. 


Setelah itu, coba mengetahui masa depan atau prosfek dari bidang Sistem Informasi, maka mulailah mengenal lebih dalam dahulu tentang keinginan, kemampuan dan minat diri terhadap Sistem Informasi dengan melihat mata kuliah apa saja yang akan diplajari selama empat tahun untuk masa normal di Jurusan ini. Karena, Prosfek  masa depan akan ditentukan oleh pemahaman diri sendiri terhadap apa yang kita hadapi.  


Untuk dapat melihat mata kuliah selama delapan semester  strata satu (S1) di Jurusan Sistem Informasi tersebut, maka akan berhubungan dengan Universitas mana yang dituju. Karena setiap Universitas punya kebijakan yang berbeda-beda. Jika menentukan Universitas justru merupakan kegalauan tersendiri, maka  dengan googling SAP online dari pelbagai Universitas, calon mahasiswa akan lebih mudah menentukan Universitas mana yang diminati dan memantapkan hati dalam memilih jurusan ini.


 Sehingga dapat terlihat kurikulum Jurusan Sistem Informasi mana yang muatan mata kuliahnya lebih diminati. Misal, hanya sebagai contoh saja, link ini SAP Universitas Gunadarma Jurusan Sistem Informasi


Sebenarnya, Cara ini bukan hanya untuk calon mahasiswa yang berminat ke bidang Sistem Informasi. Tetapi juga untuk semua jurusan. Hal ini perlu dilakukan semua calon mahasiswa sebelum menentukan pilihan, supaya tidak menyesal pada akhirnya. 


Sebab, pada akhirnya hal yang paling perlu dihindari oleh mahasiswa adalah pernyataan bahwa memang menyukai bidang komputer tapi bukan seperti yang dipelajarinya di jurusan yang ia ambil. 


Maka, persiapkanlah segala sesuatunya dengan sangat bijak dan matang. Khususnya empat hal seperti yang diuraikan diatas, ketahui bakat dan minat, cari tahu profesi apa yang disiapkan oleh bidang yang dituju, bagaimana posisi profesi bidang tersebut diperusahaan , terakhir apa mata kuliah yang akan dihadapi nanti, sudah sesuai dengan gambaran atau persepsi diri terhadap Sistem Informasi dan bagaimana akan menjalaninya. 


Empat hal tersebut dapat diurutkan sesuai keinginan dan karakter masing-masing. Hanya saja, jangan sampai tidak mempersiapkannya.






Leave a Reply