Kuliah Jurusan Sistem Informasi


Jurusan Sistem Informasi merupakan suatu pilihan bidang keahlian dalam Ilmu Komputer. Ketika memilih jurusan ini, maka mahasiswa akan dihadapkan dengan pelbagai mata kuliah yang berhubungan dengan jurusan ini.

Namun ada hal yang perlu dicatat pada memori seorang calon mahasiswa Sistem Informasi. Yaitu segala persiapan diri menuju perkuliahan.  Pasalnya tidak jarang seorang mahasiswa akhirnya merasa salah memilih Jurusan, bahkan intinya salah memilih Fakultas. Sehingga, segala potensi yang dimiliki tidak tersalurkan secara optimal. Bahkan menyebabkan kurangnya prestasi yang dapat diraih.

Memang pada dasarnya, seorang calon mahasiswa harus rajin googling untuk mencari informasi tentang bidang ilmu atau banyak ngobrol dengan para mahasiswa yang tengah menjalani kuliah. Juga, tanya pengalaman orang tua, kakak, saudara, guru, teman dan semua orang yang dapat dijumpai untuk berbagi pengalaman.

Khusus untuk Jurusan Sistem Informasi yang biasanya dibawahi Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi atau lainnya, dalam hal ini tergantung Kebijakan masing-masing Universitas. Mahasiswa akan menghadapi beberapa inti mata kuliah, yaitu Analisis Perancangan Sistem Informasi, Pengembangan Sistem Informasi, Bahasa Pemograman Komputer, dan beberapa mata kuliah Menejemen.  

Gambaran inti dari kumpulan mata kuliah tersebut ialah bahwa Jurusan Sistem Informasi tidak hanya bertumpu pada keahlian bahasa pemograman komputer, meski pun berada dalam Fakultas Ilmu Komputer. Lulusan Jurusan ini diharapkan menguasai pada bidang pekerjaan Analyst System/Sistem Analis dalam suatu perusahaan. Yaitu pekerjaan yang melakukan  Analisis Perancangan dan Pengembangan Sistem Informasi. 

Secara awam, kebanyakan calon mahasiswa kurang memperhatikan atau mendapatkan informasi yang detail mengenai suatu jurusan yang ditanyakannya pada seseorang. Maka rajinlah mencari informasi serta tips tips memilih jurusan.


One Response to Kuliah Jurusan Sistem Informasi