Asal - Usul Bahasa Gaul Remaja Bogor

Asal usul bahasa gaul sebenernya tidak mudah untuk di usut. pasalnya, bahasa gaul biasanya menyebar dengan mudahnya, dan untuk menggunakannya tidak perlu mencantumkan nama orang pencetusnya. misalnya, kata si....itu namanya lebay. coba bayangkan kalau setiap bicara dengan bahasa gaul harus bilang beitu? salah satu kata yang bisa keluar dari lawan bicara kita yaitu, gubrak. haha,artikel ini tidak harus formal juga ya, kan bicarakan bahasa gaul.hehehe

Selanjutnya, bentuk kata hehehe, haha, xixi,zzzzzz, dan lain-lain juga adalah bahasa gaul.karena, bahasa atau kata-kata ini biasa digunakan anak-anak gaul untuk menyampaikan ekspresi, supaya obrolan atau perbincangan terasa santai dan memunculkan nuansa seperti obrolan tatap muka.di perkirakan asal usul kata atau bahasa ini dari para anak gaul yang suka chating dan sms.

Lalu, saya ingin kembali ke bahasa gaul yang di alami ibu dan bapak saya dulu. jadul istilah gaulnya, nah kalau jadul saya sendiri tidak punya referensi kira-kira siapa pencetusnya. Tapi melihat dari penggunaannya,kata ini biasa digunakan remaja atau bahasa gaulnya Anak Baru Gede (ABG) untuk memerotes orang tuanya ketika mereka memberikan pandangan atau pemikiran yang di anggap sudah tidak sejalan dengan jaman sekarang. sedangkan istilah ABG digunakan sebagai predikat dari orang tua untuk anak remaja yang mulai kritis dan sedang mencari jati diri.

Kira-kira ini contoh kata-kata atau bahasa gaul jaman ibu bapak saya ABG tahun 70an, Boil = mobil, saik = asik, bokap = bapa, nyokap = ibu, jomlo = tidak punya pacar ( namun, jomlo sendiri mengalami pergeseran makna di penggunaannya saat ini. dulu itu julukan untuk remaja yang benar-benar tidak punya pacar dalam jangka waktu yang lama, sehingga istilah itu sangat dijauhi untuk candaan biasa) dan banyak lagi.

Tujuan saya memberikan contoh-contoh bahasa gaul era bapak dan ibu saya tahun 70an, yaitu untuk menginformasikan betapa bahasa gaul itu sudah muncul sejak lama, namun bagi jaman itu yang tidak gaul tidak familiar dengan bahasa gaul sama sekali.kalau di ibaratkan bahasa gaul saat ini,orang-orang seperi itu wong deso alias katro yang di populerkan tukul arwana. sering sekali ibu saya bilang, yah itu mah mamah juga tau. hehe, gaul mamah saya. kerena memang beberapa bahasa gaul yang dipakai sekarang aalah dari bahasa gaul era 70an.

Nah, untuk saat ini, bahasa gaul di atas masih seing di pakai dan ada beberapa yang tidak. Dan saya tidak menulisnya di artikel ini yang sudah jarang di pakai anak gaul jaman sekarang, karena, saya juga tidak familar. hee. Oleh karena itu, saya akan membahas bahasa gaul yang sering dipakai saat ini. namun, karena sudah banyak blog yang membahas bahasa gaul secara luas, saya hanya akan memaparkan beberapa kata gaul dari remaja yang begaul di dataran sunda, khususnya bogor.seperti dibawah ini.

Wae.berasal dari bahasa sunda, banyak arti yang bisa di dapat tergantung konteks. bisa berarti, saja, begitu-begitu saja, atau lagi. biasanya anak gaul bogor sering bilang, wae luh...kemungkinan di polulerkan oleh anak remaja SMP dan SMA di Bogor.

Rada. berasal dari bahasa sunda, artinya agak. biasanya digunakan untuk mengekspresikan keraguraguan. biasa diucapkan, rada gimana gitu... kata ini menyebar luas sampai pada anak gaul jakarta juga. sebab bahasa betawi agak mirip dengan bahasa sunda.

Ngambek atau ambeugan. berasal dari bahasa sunda,dari suku kata ambeug. yang artinya marah, jadi kata ini di ucapkan untuk orang-orang yang pemarah.biasanya diucapkan, hmmm... ngambek, ambeugan. kemungkinan di polulerkan oleh anak remaja SMP dan SMA di Bogor.

Pundung atau pundungan.berasal dari bahasa sunda, yang artinya tidak beda jauh dengan ambeugan. namun, pundung atau pundungan lebih kepada mendiamkan masalah, atau mencari perhatian dengan berdiam diri karena permasalah yang muncul dari dua orang atau lebih. kemungkinan di polulerkan oleh anak remaja SMP dan SMA di Bogor.

Dan masih banyak lagi. namun dalam artikel ini saya hanya membahas itu saja. sebagai contoh bahasa gaul hasil serapan asli bahasa tanah sunda yang populer di remaja bogor dan sekitarnya.



@Linna Susanti


Leave a Reply