Alasan Memilih Jurusan Sistem Informasi

Kepada siapa saja yang baru lulus SMA/ SMK sederajat, pasti akan  merasakan situasi diri yang perlu menentukan arah langkah untuk menghadapi jenjang selanjutnya. Entah kuliah, kerja atau kuliah sambil kerja, bahkan mungkin opsi lainnya.



Namun, bagi yang sedang memetakan pemikiran kepada ketiga opsi antara kuliah, kerja atau kuliah sambil kerja, setelah itu berpikir bagaimana konsukuensi dari masing-masing opsi tersebut, atau pun salah satunya. Dan seterusnya hingga tetek bengek (detail),maka itulah nikmatnya diakhir menjadi Siswa. 

Bagi Siswa yang berminat dan memantapkan hati untuk melanjutkan pendidikannya ke jenjang perkuliahan, maka pemikiran akan terus mengerucut pada beberapa pertanyaan. Universitas mana dan jurusan apa. Tidak semua Siswa dapat mudah memilih, kecuali mereka yang sudah menyukai suatu bidang dari sejak SMA/ SMK sederat. 

Informasi penting yang perlu dicatat para Siswa, bahwa tidak semua pada akhirnya  mendapatkan Jurusan sesuai dengan bakat dan minatnya. Minat dan bakat bisa seolah beubah setelah kita kuliah. Padahal bisa saja karena kurang mencermati benar-benar jurusan yang kita ambil. 

Contoh, bagi yang menyukai tentang komputer, pikirkan dulu apa yang sebenarnya membuat tertarik. Ketika  baterai Hardisk Komputer atau Laptop rusak dan senang untuk memperbaikinya. Atau Ketika jaringan Internet lemot dan Kabel ada gangguan. Mungkin juga tertarik pada Wesite, aplikasi lain yang sedang dipakai, edit foto, animasi dan lain-lain.

Dengan mengetahui kecenderungan bidang mana atau pengalaman mana yang mengasyikan di dunia komputer, maka sudah bisa di petekan kedalam beberapa opsi bidang yang ingin dikuasi, yaitu sebagai teknisi Hardware komputer, Jaringan atau Aplikasi komputer. 

Jika begitu, Artikel ini akan mengerucut bagi yang senang bidang Aplikasi Komputer, seperti menjadi Web Developer (pengembang Web, dalam hal ini pembuat dan perancang situs Web). Membuat Sistem Informasi untuk perusahan, contoh sederhana yang mudah ditemui, aplikasi yang dipakai oleh kasir, semua itu dirancang dan dibuat oleh orang-orang dalam lingkungan Sistem Informasi, Menejemen Informatika, Teknologi Informasi. 

Ada beberapa alasan untuk memilih Jurusan Sistem Informasi, Menejemen Informatika dan Teknologi Informasi. Pada dasarnya, supaya tidak membuat bingung dan bisa dijadikan pegangan. Khusus untuk jurusan Sistem Informasi, yaitu berhubungan pada teori perancangan sistem informasi dengan pengetahuan pemograman. 

Namun, pada jurusan Sistem Informasi, lebih pada bidang System Analyst, yaitu orang-orang yang bertugas membuat dokumen-dokumen perencanaan proyek Sistem Informasi sampai pada proposal pelaksanaan proyek. Jadi, bagi yang merasa sudah cukup menguasi bahasa pemograman sejak dini dan ingin mematangkan proses-proses yang baik dan sistematika peloaksanan proyek pembuatan aplikasi atau Software  boleh menjadikannya alasan untuk memilih Jurusan Sistem Informasi.

Tapi jika tidak terlalu tertarik pada dokumen-dokumen dan teori perancangan sistem yang mendalam, bisa memilih dua opsi lain seperti diatas, yaitu Jurusan  Menejemen Informatika atau  Jurusan Teknologi Informasi. 

    



One Response to Alasan Memilih Jurusan Sistem Informasi