Posisi System Analyst dalam Perusahaan

Dalam sususan posisi pekerjaan seseorang yang membidangi Ilmu komputer dan Teknologi Informasi dalam suatu perusahaan, System Analyst merupakan dalam kategori bidang Spesialis Informasi yang juga disebut Aplication Spesialist. Yaitu kumpulan profesional yang bekerja dalam proyek pengembangan sistem informasi.




Menurut definisinya, Spesialist Informasi adalah orang yang bisa berkomunikasi dengan sistem komputer. Diantaranya :
  • Analis Sistem / Analist System
  • Programmer
  • Spesialis jaringan 
  • Administrator Database (ADB)
  • Support (Anggota operasional)
Posisi System Analist/ Analis Sistem dapat digambarkan seperti berikut :

Secara lebih kompleks dapat di gambarkan sebagai berikut :
Gambar tersebut menjelaskan bahwa pekerjaan sebagai System Analyst berada pada Top posisi jabatan dalam lingkup pengembangan sistem informasi. 

Hal yang perlu diperhatikan adalah bahwa idealnya seorang System Analyst adalah sesorang yang di bentuk dari jenjang pendidikan pada jurusan sistem informasi yang memang disiapkan untuk ahli dibidang ini. Namun memang pada kenyataannya spesifik jurusan pun tidak membatasi ruang gerak karya seseorang dalam bidang kerja. 

Tidak semua lulusan Jurusan Sistem informasi memilih atau mendapatkan kesempatan untuk menjadi System Analyst. Dengan muatan mata kuliah yang diajarkan, maka masih ada opsi yang juga ideal untuk lulusan jurusan ini yaitu menjadi seorang programmer.  Disamping bahwa pekerjaan atau suatu profesi pada akhirnya menjadi misteri ilahi. 

Tidak semua orang dapat menjadi seperti cita-citanya di masa lalu. Namun segala informasi, pengalaman dan  pengetahuan semoga dapat membimbing siapa pun yang sedang berusaha mengenal keahlian diri. Pada bidang keahlian System Analyst ini, wajarlah jika pada saat kuliah diajarkan mata kuliah menejemen. Karena profesi ini adalah posisi yang paling dekat dengan Top manajemen. Bahkan, System Analyst Adalah bagian dari Top managemen.







Leave a Reply