Berita Penting Import Posting Blog ke Facebook

Guna menampilkan informasi posting(tulisan) blog terbaru, sesaat setelah di publikasikan atau disebut secara (realtime), agar langsung berada pada halaman (page), catatan (note) dan dinding (wall)  facebook. Perlu ada perbaikan tutorial yang biasa ditemui pada beberapa Website atau Blog.

Pasalnya, alamat (Url) http://www.facebook.com/editnotes.php?import sudah tidak aktif lagi. Dengan kata lain, tutorial atau artikel yang memberikan informasi mengenai meng-import posting blog ke facebook menggunakan link tersebut sudah kadaluarsa atau sudah tidak sesuai lagi.

Jika menggunakan link tersebut maka akan tampil halaman berikut.
Oleh karena itu, cara meng-import posting blog ke facebook tidak bisa juga dilakukan dengan masuk kedalam halaman 'catatan saya'  terlebih daluhu, lalu memilih edit catatan dan pilih 'import blog'. Cara ini sama saja dengan menggunakan link www.facebook.com/editnotes.php?import tersebut.

Solusinya, para blogger dan admin website dapat menggunakan aplikasi RRS (Rich Site Summary) langsung yang disediakan facebook seperti dibawah ini.


Cara sederhana ini dapat dilakkukan dengan masuk ke akun facebook, lalu ketik RSS di pencarian. Maka, akan tampil beberapa daftar RSS. Tentu saja, semua RSS tersebut baik untuk digunakan. Namun, RSS for Pages adalah aplikasi yang tidak baik ditinggalkan untuk meng-import posting langsung ke halaman (page) facebook atau halaman blog di facebook. 

Bagi para blogger atau admin Website pemula yang belum membuat page, maka harus membuatnya terlebih dahulu. Dengan masuk pada halaman create pages di link http://www.facebook.com/pages/create.php
Selain itu, membuat halaman blog di facebook berguna pula untuk menambahkan widget Flug in  facebook di blog.

Namun, untuk dapat menggunakan aplikasi RSS facebook, tentu saja memerlukan alamat (Url) Feed blog. Feed merupakan layanan yang digunakan untuk menampilkan kumpulan RSS yang di fasilitasi suatu situs ketiga. Atau, Feed adalah alamat blog yang difasilitasi suatusitus agar dapat menampilkan ringkasan posting (RSS) menggunakan Website atau di Desktop komputer.

Untuk mengetahui alamat feed, yang menggunakan blogger.com, dapat langsung masuk ke dashboard, pilih tata letak, lalu tambah gadget dan klik 'ikuti lewat email'.

maka akan tampil secara otomatis, alamat feed blog. Setelah sebelumnya harus daftar di feeds.feedburner.com


Secara umum, agar mendapatkan alamat feed, maka para penulis blog daftar terlebih dahulu di feeds.feedburner.com tersebut, lalu ikuti saja langkah-langkahnya. Dan jangan lupa atur menu optimasi dan publish dengan sangat efektif. Pilih widget yang sesuai dengan yang dibutuhkan .

Singkatnya, setelah mendaftar di feedburner, maka daftarkan pula alamat feed ke RSS reader. Contoh RSS reader yang terkenal yaitu, google readerbloglines.com agar alamat feed dikenali mesin pencari

Hal yang sering membingungkan pemula setelah selesai mendaftarkan, yaitu kembali bertanya, manakah alamat feed yang dimaksud. Sebenernya, tidak usah bingung. Karena, para blogger hanya tinggal menuliskan alamat seperti ini,  http://feeds.feedburner.com/mengukirfikir. Hanya saja, text berwarna biru itu diganti dengan nama blog yang telah didaftarkan. Barulah masuk ke RSS facebook.  


Lihat juga :
Mendaftar Feedburner




2 Responses to Berita Penting Import Posting Blog ke Facebook