Mudahnya Mengetahui Tugas SDPPI

Direktorat Jendral Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (SDPPI) memilki Website yang sangat informatif. Perlu diakui, sebagai lembaga yang dibawahi oleh kementrian Komunikasi dan Informatika, SDPPI mempunyai  tugas yang sangat kompleks dan musti memberikan informasi yang terbuka mengenai kelembagaannya sendiri.




Sebagaimana yang disampaikan dalam Sejarah Singkat SDPPI di situs resminyaDirektorat Jendral SDPPI berfokus pada pengaturan, pengelolaan, pengendalian sumber daya dan perangkat pos dan informatika yang terkait dengan penggunaan internal maupun publik luas/masyarakat.


Meskipun kalimat tersebut masih sangat luas maknanya, secara rinci tugas-tugas SDPPI ini dapat dilihat di situs terkait. Sehingga, masyarakat atau pun internal pemerintahan dapat dengan mudah mengetahui dan memantau bersama  koridor aturan yang berjalan, struktur dan fungsi-fungsi SDPPI.

Situs terkait  mengenai pelayanan yang ada di SDPPI seperti misalnya ipv6.postel.go.idditfrek.postel.go.id, dapat memberikan informasi lengkap tentang Direktorat Pengelolaan Spektrum Frekuensi Radio contohnya, yang secara umum bertugas melaksanakan perumusan kebijakan, melakukan pengaturan, menyusun program, mengadakan bimbingan teknis serta melakukan evaluasi dan peningkatan dibidang pengelolaan spektrum frekuensi radio. 

Rincian fungsi dan tugas dalam masing-masing Website resmi divisi Kementrian Komunikasi dan Informatika tersebut sudah sangat rinci hingga ke hal teknis. Hanya saja, tinggal di pilah oleh masyarakat mana yang perlu duketahui terlebih dahulu. Pasalnya, penjelasan setiap topik panjang dan detail.

Hal yang mungkin perlu di perhatikan lainnya ialah dengan adanya Direktorat ini, maka pemerintah menunjukan perhatian dan dukungannya terhadap pertumbuhan industri teknologi komunikasi dan informasi dalam negeri. Dengan memberikan aturan-aturan yang jelas dan pelayanan pemberian izin terkait seperti pemberian sertifikat Radio Elektronika dan Operator Radio misalnya.


Sumber :
 http://reor.postel.go.id/
http://www.postel.go.id/
http://www.ditfrek.postel.go.id
http://ipv6.postel.go.id









Leave a Reply