Telematika



Abstraksi
Telematika adalah penggabungan dari istilah “Tele” dan “Matika” yang berarti suatu jaringan informasi. Kata “ Tele” dapat diartikan sebuah jaringan dan “Matika” berarti Informatika merupakan penggabungan beberapa disiplin ilmu yaitu Telekomunikasi dan Informatika. Dalam dunia teknologi implementasi dari telekomunikasi adalah semacam alat komunikasi Telepon atau Handphon, Fax, dan lain sebagainya. Dalam Teknologi Informatika berhubungan dengan Ilmu Komputer dan Multi media. Oleh karena itu, Telematika dalam implementasinya adalah penggabungan Teknologi Komunikasi, Komputer dan Multi Media berupa -government, e-business, konten dan lainnya yang menggabungkan ketiga disiplin ilmu tersebut.
Mengenali Telematika dalam kehidupan sehari-hari dapat dilakukan dengan mengakses internet.

Pendahuluan
Keinginan manusia untuk berinteraksi dengan manusia lain diwujudkan dengan berkomunikasi. Melalui proses yang panjang akhirnya komunikasi mendapatkan pelbagai kemudahan menggunakan teknologi.  Seiring dengan perkembangan Teknologi komunikasi yang disebut Telekomunikasi, berkembang pula Teknologi Informasi dan Komunikasi yang melibatkan Komputer dan Multimedia atau disebut Telematika. Oleh karena, Telematika adalah gabungan dari beberapa disiplin ilmu, maka pembahasan Telematika melibatkan tiga unsur disiplin ilmu tersebut.

Isi
1.                Bentuk Implementasi Telematika
Bentuk implementasi Telematika sangat beragam. Pada  aplikasi keselamatan dan keamanan seperti SOS, Kontrol Jarak Jauh, Tracking Otomatis dan lain-lain. Sistem navigasi seperti informasi Trafiki, Cuaca, GPS dan lain-lain.  Komunikasi seperti Handfree, SMS dan MMS, Video Call dan lain-lain. Hiburan seperti Musik, Video, Game dan lain-lain. Kesehatan seperti Respon Kecelakaan, Rekam Medis, Manajemen Sumber Daya, Konsultasi Jarak jauh dan lain-lain. Pemerintahan seperti Layanan Kependudukan, Catatan Sipil, SIM dan lain-lain. Pendidikan seperti E-Learning, Informasi Akademik, Pendaftaran Online dan lain-lain. Bisnis seperti E-Business, E-Commerce, E-goverment dan lain-lain.
Pada dasarnya semua bentuk Telematika tersebut perpegangan pada tiga unsur gabungan disiplin ilmu yang terkandung didalamnya. Yaitu Telekomunikasi yang menghubungkan dan mengartikan suatu pesan, entah suara atau teks melalui sinyal atau jaringan berbsiskan listrik. Multimedia yang mengolah, menangkap objek gambar dan konten dan Teknologi Informasi yang  mengolah suatu bahasa verbal manusia kedalam kode-kode dalam bahasa mesin yang kemudian dapat di tampilkan kembali untuk di mengerti manusia.

2.      Perangkat pada Telematika
Perangkat  yang digunakan dalam Telematika adalah (Perangkat Lunak) dan Perangkat Keras ( Hardware). Implementasi Telematika yang berbasiskan komputer dan terkoneksi dengan internet memiliki perangkat jaringan yang memungkinkan untuk dinikmati banyak pengguna. Sedangkan alat lainnya seperti GPS dan Rekam Medis,  masing – masing memerlukan spesifikasi lain yaitu teknologi sensor dan lain sebagainya. Namun pada intinya semuanya itu terbagi pada perangkat lunak dan perangkat keras.

 Referensi : http://id.wikipedia.org/wiki/Sekolah_Tinggi_Teknologi_Telematika_Cakrawala


Leave a Reply