Wow, Silau men!

Berjejer Reklame raksasa di pinggiran kota sudah tidak asing lagi terlihat. Poster yang mentereng pun mudah di temui di trotoar jalan yang membuat mata tak sanggup mengelak. Namun ketika Siang datang, Kilauan warnanya pun kadang menggangu.

Sorotan matahari pada pelbagai gambar dijalan kadang mengusik rasa nyaman. Namun jika teliti, ternyata tidak semua poster itu tajam menantang mata. Hal tersebut dikarenakan semakin majunya teknologi untuk menghasilkan produk media digital. 

Saat ini, banyak alternatif yang dapat membatu dalam proses pembuatan produk digital bahkan analisa terhadap hasil cetakannya. Melalui teknologi yang cepat berkembang pula, pelbagai aspek penampilan produk dapat mengundang kritik dan kagum. 

Oleh karena itu, ada baiknya jika setiap produk yang mengungulkan warna pada tampilannya, seperti Foto, Reklame, Poster, Kaos dan sebagainya menggunakan analisa dan pengukuran yang tepat pada pemrosesan cetakan tersebut. Untuk menghindari kilauan yang tidak terlalu mencolok, ada sejenis alat yang dapat menganalisa dan menguji kadar warna yang dapat diserap dan dipantulkan oleh objek atau medium. 

Colorimeter (Color Lumineus Meter) biasa digunakan untuk menentukan analisa warna dipelbagai medium. Sehingga dengan mudah dapat membarikan analisa berupa angka dan grafik yang menunjukkan kepekaan warna pada medium. Pruduk ini, terbagi dalam pelbagai bentuk dan spesifikasi kerjanya, termasuk yang berbentuk portable. Tergantung kebutuhan yang diperlukan perusahaan atau pelaku usaha dan peneliti di bidang yang mengungulkan analisa warna.


@Linna Susanti


Leave a Reply