Benarkah semua unsur pendidikan ada di sekolah?


Sesekali pernahkah kita benar-benar memikirkan pendidikan untuk diri kita, saudara,atau generasi kita nanti? apa sebenarnya yang kita perlukan dari pendidikan? apakah benar lembaga pendidikan yang membuat sepenuhnya kita terdidik?

Tertarikah anda untuk sejenak memikirkan hal ini? atau justru anda telah mengetahui jawabannya? jika pun iya, artikel ini saya tulis untuk sedikit berbagi sugesti positif yang torehkan orang-orang hebat di dunia melalui pengaaman-pengalaman menakjubkan mereka dalam mencapai kesuksesan hidup.

Sugesti kesuksesan lebih kepada bagaimana kita mencapainya dengan langkah nyata. Bukan pelajaran-pelajaran teoritis yang kita dapatkan di Sekolah atau Universitas. Banyak yang distandarisasi di lembaga pendidikan, yang jika kita tidak mengikuti, atau kita termasuk orang yang berpikiran beda tentang hal yang tidak di standarkan di Sekolah dan Universitas, maka penghargaan terhadap karya pikiran kita itu mungkin tidak memuaskan. Karena nilai yang dihasilkan dari lembaga pendidikan ialah catatan huruf atau angka yang menunjukan berada di angka berapa atau huruf apa kita, di angka 1 sampai 10, atau huruf A sampai E. Cukupkah kecerdasan yang unik setiap orang dipatok dengan angka dan huruf itu? Puaskah anda?

Membicarakan ini, bukan berarti saya adalah orang yang sudah benar-benar sukses. Namun, saya seperti anda, adalah orang yang dalam proses menggapai sukses. Minimal dengan berbagi wawasan yang saya dapat dari beberapa buku motivasi dan biografi orang fenomenal dunia, saya bersama anda adalah orang-orang yang sejak dini beranjak untuk sukses.

Inilah beberapa kutipan dari buku favorit saya, NEW THINK AND GROW RICH dari Napoleon Hill Foundation. 'Kelalaian memperluas wawasan, telah membuat beberapa orang hanya melakukan satu hal seumur hidup mereka.' Dalam buku Napoleon Hill ini, berisi tentang rahasia kesuksesan kreator industri multijutawan Andrew Carnegie yang menjadi mentor Hill untuk bisa menuliskan buku ini.Uraian tentang rahasia tersebut tidak dapat hanya ditemui dalam suatu bab, karena seperti yang dituliskan dalam buku tersebut, bahwa setiap orang yang membacanya bisa menemukan rahasia tersebut pada bab awal atau akhir, tergantung pada pembaca.

Namun, yang ingin saya sampaikan bahwa hampir semua buku yang saya baca mengenai Kesuksesan, semuanya menjelaskan bahwa kesuksesan tidak tergantung pada sekolahan. Saya suka kutipan yang satu ini dari buku Think and Grow Rich oleh Napoleon Hill yang mungkin juga dapat memotivasi kita semua. ' Ketika seseorang benar-benar siap untuk sesuatu, sesuatu itu akan muncul.' Bagi saya ini adalah bentuk dari keyakinan yang juga diuraikan tersendiri di bab 4 dalam buku tersebut.

Saya ingin menuliskan beberapa contoh orang-orang fenomenal pilihan saya yang berhasil di wawancarai Hill dari rahasia Carnegie dan tertulis dalam bukunya tersebut.

Henry Ford Pendiri perusahaan mobil ford , dia memulainya tanpa uang dan pendidikan yang tidak tinggi, namun menjadi salah satu pengusaha berdikari paling sukses dalam sejarah Amerika.

George Eastman Penemu dan pendiri Eastman Kodak Company, dia menciptakan banyak inovasi yang mempopulerkan fotografi dan mengubah wajah industri layar lebar.

Wilburt Wright Pemilik toko sepeda yang bersama saudara laki-lakinya, Orville, menjadoi orang Amerika pertama yang menerbangkan pesawat bertenaga mesin yang lebih berat dari pada udara. Mereka adalah pelopor industri pesawat terbang.

William Jennings Bryan Penerbit surat kabar, calon presiden, mentri luar negeri pada masa pemerintahan presiden William McKinley, tetapi mungkin lebih dikenal sebagai pengacara yang membela kreasionisme dalam pengadilan tentang evolusi atau dikenal sebagai Scopes Monkey Trial.

King Gillet Pedagang keliling yang sejak lama gemar mengotak-atik barang. Dia sedang mencoba bercukur dalam sebuah kreta api yang sedang bergerak ketika dia mendapat ide tentang pisau cukur yang aman, yang menjadi cikal bakal sebuah perusahaan raksasa.

Frank A, Vanderlip Bocah miskin yang menjadi seorang jurnalis, reformis sosial, dan jutawan dengan uapayanya sendiri, dia adalah presiden National City Bank, sekarang Citibank, dan Asisten mentri keuangan.

Dr. Alexander Graham Bell Terkenal sebagai penemu telepon, dia juga menyempurnakan alat perekam, mengembangkan pesawat udara, dan pendiri-pendamping National Geographic Society.

Thomas A. Edison Penemu dan wiraswasta, dia menyempurnakan bola lampu listrik, fonograf, kamera film layar lebar, dan memiliki hak paten untuk lebih dari 1000 penemuan.

Edwin C. Barnes Satu-satunya orang yang pernah menjadi partner Thomas A. Edison, dia mengambil mesin dikte Edison yang gagal, Ediphone, dan begitu sukses menjualnya sehingga mesin itu menjadi perangkat di kantor-kantor dan mejadikan dirinya multijutawan.

Semua contoh ini dapat menjelaskan bahwa kadang, seseorang terdidik, dari apa yang ia inginkan di hidupnya, pendidikan lebih kepada sesuatu yang terlatih dan apa yang bisa tertanam di dalam diri seseorang, bukan seperti pengajaran yang isinya adalah proses memberikan pemahaman dan keterampilan suatu konsep ilmu, yang hanya akan berkembang pada diri seseorang yang terdidik(mengerti sesuatu yang diinginkannya dan adab yang membawanya pada kesuksesan).

Adab yang membawa pada kesuksesan inilah, yang tidak sepenuhnya berada di Sekolah atau Universitas. Karena adab yang membawa kita ke jalan kesuksesn, contoh kecilnya, menghasilkan karya tulis yang menarik ialah bergantung kepada ide, keinginan yang kuat, keyakinan, imajinasi dan lain sebagainya.

Artikel ini terinspirasi dan dikutip dari buku NEW THINK AND GROW RICH dari Napoleon Hill Foundation, serta pengalaman dalam dunia pendidikan penulis.



@Linna Susanti


Leave a Reply