Mati Inspirasi

Apa yang timbul di benak kita ketika mendengar atau mengingat kata inspirasi? atau apa jawaban kita ketika ditanya apa arti kata inspirasi? mungkin serentak kita bisa menjawab dengan pelbagai jawaban yang bervariasi. Misalnya, inspirasi itu ide yang muncul tiba-tiba.Karena biasanya, inspirasi hanya datang sesaat dengan waktu yang tidak direncanakan. Atau, inspirasi itu ide yang dirangsang oleh sesuatu yang memicu,tidak terbatas ruang, waktu, situasi, kondisi. Namun, semua komponen itu dapat memicu datangnya inspirasi. Ini juga benar . Lain lagi,inspirasi itu daya khayal tingkat tinggi, yang hanya hadir di momen-momen tidak tertentu. Apa pun jawaban kita saat ditanya arti kata inspirasi, yang penting makna yang terucap secara serentak atau pun di pikirkan sejenak sebelumnya, tidak melenceng dari yang arti sebenarnya. Saya kira, jawaban-jawaban diatas juga dapat mewakili arti dari kata ispirasi. Sebab, jika pun tidak berpatokan kepada definisi secara baku, kata inspirasi telah melekat pada kita memalui kehidupan sehari-hari, makna yang tersiratnya membuat kita terbiasa melontarka kata inspirasi. Sehingga,makna kata inspirasi pun menjadi hal yang kontekstual(tergantung konteks).

Lalu, seberapa pentingkah ide yang datang tiba-tiba, tidak bisa ditentukan waktu, dan pemicunya ini untuk setiap orang, kelompok, atau bahkan peradaban di dunia? Jawabannya adalah sangat penting. Inspirasi adalah suatu hal yang menggerakkan seseorang, kelompok organisasi pada suatu perubahan, kecil atau pun besar. Dalam segala hal mikro atau pun makro, cakupan inspirasi meliputi segala hal tentang apa pun di dunia ini.Menulis, merancang, menganlisis, bercita-cita dan lain sebagainya.

Seperti halnya makna dan pemicu dan hasil dari inspirasi itu sendiri sangat kompleks, dan pembahasan dari masing-masingnya sangat kompleks pula. Maka, ada hal yang sangat penting berkaitan dengan inspirasi pula. Yaitu, mati inspirasi.

Apa mati inspirasi itu? pada dasarnya, yang ingin saya sampaikan tentang mati inspirasi adalah suatu hambatan yang dapat membuat karya kita tersendat, baik secara pikiran maupun karya fisik. Mati inspirasi bberarti proses berhentinya suatu ide terhadap sesuatu yang telah kita rencanakan atau baru akan kita rencanakan.Seperti halnya menulis artikel ini, penuh perjuangan mempertahankan inspirasi. Sebab ada penyebab penting yang dapat mematikan inspirasi, yaitu mood. Dampak dari hilangnya mood adalah tersendatnya kreatifitas dan karya kita, atau bahkan gagal total.

oleh sebab itu, agar inspirasi tetap terjaga ketika melakukan sesuatu, jagalah mood kita, karena kunci dari mati inspirasi adalah mood kita. :)

Sekian terima kasih.


@Linna Susanti


Leave a Reply