Rancangan karya Ilmiah

Abstraksi
Suatu perancangan Teknologi Informasi dan Komunikasi yang memuat suatu layanan marketing jenis perusahaan Garment yang di design khusus menggunakan suatu gagasan original dengan mengembangkan sistem pemasaran online e-busines atau e-commers, untuk membantu user atau pemesan dalam melalukukan transaksi penentuan model dan harga. Khususnya untuk para pengguna jasa borongan pakaian seragam Dinas Pemerintahan, Perusahaan dan Komunitas atau organisasi tertentu . Berupa Suatu halaman Web yang berisikan Profile, Trend Infomation dari jenis – jenis pakaian terkait dan layanan komersil yang memberikan kesempatan kepada user atau pembeli untuk melakukan design pakaian sendiri dengan cara mengkombinasikan bentuk – bentuk atau model yang disediakan sesuai dengan jenis pakaian yang dituju dengan memasukkan key word jenis pakaian terlebih dahulu. Atau dengan memberikan rekomendasi model dengan cara menempelkan design yang diinginkan pada kolom rekomendasi model. Setelah itu penentuan harga dapat secara langsung diterima oleh user sesuai dengan design yang di telah di input oleh sistem yang seterusnya akan diproses dan segera ditampilkan sesuai dengan harga yang sudah ditentukan oleh admin. Terkecuali data yang di input melalui layanan rekomendasi model maka akan menunggu konfirmasi harga melalui email.
Latar Belakang Masalah
Dewasa ini, tidak dapat dipungkiri bahwa Teknologi Informasi dan Komunikasi sudah sangat membantu dalam proses transaksi jual beli dan pemasaran. Namun menurut pengalaman penulis yang ikut berkecimpung dalam usaha Garment dan Tailor, terdapat hal-hal mendasar yang belum terpecahkan dalam proses transaksi jasa yang ditawarkan dan di terima oleh pelanggan secara lebih efisien. Hal tersebut yaitu, kontrasnya antara proses pemasaran yang melesat pada pakaian jadi, seperti adanya toko online yang memeroses transaksi jual beli dengan e-commers, sedangkan proses transaksi jasa pembuatan pakaian dengan sistem borongan hampir semua dilakukan secara manual dalam hal penentuan model dan negosiasi harga, dengan alasan model yang biasa digunakan oleh instansi telah memiliki standarisasi dan ketentuan yang baku. Juga, keterbatasan sample model yang biasa dibawa oleh para penjahit. Padahal perpaduan model yang telah distandariasi tersebut masih memungkinkan untuk dimodifikasi tanpa menyalahi aturan dan terobosan tersebut yang diharapkan kebanyakan para pemakai. Oleh karena itu, rekomendasi layanan ini perlu direalisasikan sebagai ide original yang mendongkrak pemasaran sejenis perusahaan Garment dan Tailor kedalam persaingan yang lebih potensial.
( penulis dapat melampirkan data instansi yang pernah ditanganinya dan menjadi studi kasus dalam rancanngan ini pada Penulisan ilmiah resminya nanti...:))

Tujuan
Mendorong pengembangan pemasaran usaha layanan jasa jahit untuk sejenis perusahaan Garment dan Tailor.
Memberikan terobosan layanan jasa jahit dalam mempresentasikan gagasan – gagasan baru mengenai design dan negosiasi harga atau dalam memberikan Trend baru di dunia pakaian seragam dinas Pemerintahan, Perusahaan, komunitas atau pun organisasi tertentu.
Memberikan kepuasan kepada pelanggan jasa jahitan tersebut.
Memberikan efisiensi waktu yang membantu proses negosiasi , khususnya model dan harga.
Memberikan nuansa fleksibel pada pada usaha jenis ini, sehingga dapat bersaing dengan perancang – perancang khusus (designer) juga nuansa fashionable pada para pegawai atau karyawan yang berseragam.


Leave a Reply