Analisa Hukum Penawaran dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya

Analisa Hukum Penawaran dan faktor-faktor yang mempengaruhinya dalam suatu kasus.
Penawaran diartikan : kesediaan penjual untuk menjual berbagai jumlah produk pada berbagai tingkat harga dalam waktu yang sama.

B. 1. Hukum Penawaran

Hukum penawaran menyatakan bahwa : jumlah produk yang ditawarkan berbanding lurus dengan harga. artinya : jika harga naik maka jumlah barang yang ditawarkan juga akan naik dan sebaliknya, ceteris paribus

Hukum penawaran adalah suatu pernyataan yang menjelaskan tentang sifat hubungan antara harga dan jumlah barang tersebut yang ditawarkan oleh penjual. Dalam hukum ini dinyatakan bagaimana keinginan para penjual untuk menawarkan barangnya tersebut jika barangnya itu mempunyai harga yang rendah dan jika dia juga mempunyai harga barang yang tinggi. Hukum penawaran pada dasarnya mengatakan bahwa makin tinggi harga sesuatu barang, semangkin banyak pula jumlah barang tersebut akan ditawarakan oleh para penjual. Sebaliknya makin rendah harga barang maka akan semangkin sedikit jumlah barang tersebut akan ditawarkan oleh para penjual.

Hukum penawaran berlaku apabila factor-faktor lain selain harga adalah cateris paribus.
Adapun faktor yang lain yang membentuk cateris paribus adalah:
• Tekhnologi yang digunakan adalah tetap
• Penjual tidak memerlukan harga tunai
• Penjual tidak akan kuatir jika suatu saat harga barang akan turun
• Jumlah pedagang dan produsen tetap
http://ri2-aff.blogspot.com
Lalu bagaimana jika empat faktor diatas tidak terpenuhi?? Jawabannya pasti maka hukum penawaran tersebut tidakberlaku. Benarkah?? Jawabannya sangat fleksibel tergantung kita memandang pada posisi apa, dan apa yang kita hadapi dipasar.
Dalam suatu sudut pandang teknologi, tentu kita tahu bahwa teknologi sangat cepat berkembang. Apalagi dengan adanya pemanfaatan internet dalam suatu jaringan bisnis seperti E-Bisnis dan E-commers misalnya.Dalam E-Bisnis dan E-commers yang menggunakan teknologi informasi dan komunikasi yaitu internet tentu sangat fleksibel terhadap user yang menggunakannya bisa bertambah dalam hitungan detik baik sebagai pelanggan dan pebisnis(penjual), jelas faktor kesatu dan keempat diatas sudah terpenuhi karena aplikasi-aplikasi bisnis pun semakin hari semakin berkembang. Sedangkan untuk faktor penjual tidak memerlukan harga tunai, kita ketahui bahwa untuk beberapa lapisan ekonomi tertentu khususnya ekonomi mengengah kebawah masih banyak membutuhkan uang tunai. contoh mudahnya ialah, jika kita berbelanja kubutuhan pada pasar tradisional seperti berbelanja sayur di pasar becek dibogor atau jika kita berbelanja HP di flaza jambu dua dibogor dan mungkin masih banyak lagi.


Leave a Reply